Dosen Informatika UNSOED Memperkaya Kemampuan Bahasa Inggris dalam Rangka Studi S3

Purbalingga, 14 Agustus 2023 – Enam dosen dari Program Studi Informatika Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED) dengan semangat mengikuti pelatihan bahasa Inggris selama enam hari, mulai dari tanggal 11 hingga 16 Agustus. Kegiatan ini menjadi bagian esensial dalam persiapan mereka untuk melanjutkan studi S3 di universitas terkemuka, baik di dalam maupun luar negeri.

Dalam kurun waktu dua tahap, masing-masing tiga hari, dosen-dosen tersebut, yaitu Ir. Bangun Wijayanto, ST.,M.Cs.,IPM, Ir. Swahesti Puspita Rahayu, S.Kom.,M.Eng, Ir. Yogiek Indra Kurniawan, ST.,MT., Ir. Nofiyati, S.Kom.,M.Kom.,IPM, dan Ir. Dadang Iskandar, ST.,M.Eng, telah menjalani pelatihan yang dikemas oleh International English Center (IEC) Purwokerto.

Instruktur yang kompeten dari IEC Purwokerto memberikan materi yang sangat relevan dengan kebutuhan para dosen. Mereka mendalami penggunaan bahasa Inggris dalam konteks akademik dan teknis, terutama untuk mendukung perjalanan studi S3 mereka. Aspek-aspek seperti penulisan paper sesuai format internasional, simulasi diskusi ilmiah dalam bahasa Inggris, dan presentasi di forum akademik menjadi fokus utama pelatihan ini.

“Kami merasa beruntung mendapat kesempatan untuk mengikuti pelatihan ini. Persiapan studi S3 tidak hanya tentang materi yang akan kami pelajari, tetapi juga bagaimana kami bisa berkomunikasi dengan baik dalam bahasa global seperti Inggris,” ujar Yogiek, salah satu dosen yang turut serta dalam pelatihan.

Para dosen ini, dengan semangat dan pengetahuan baru yang mereka peroleh, bersemangat melanjutkan perjalanan akademik mereka ke tingkat S3. Dengan meningkatnya kemampuan bahasa Inggris mereka, diharapkan mereka akan dapat lebih berkontribusi dalam pengembangan ilmu dan teknologi di Indonesia, khususnya dalam bidang Informatika.