Hari Kartini 2016 Fakultas Teknik Unsoed

0
151

Peran perempuan di era modern saat ini sudah sangat luas di seluruh aspek kehidupan masyarakat. Tidak hanya pada tataran pekerja, namun juga pada level pengambil kebijakan. Bukan sesuatu yang aneh lagi jika para perempuan menduduki posisi-posisi strategis di pemerintahan, lembaga perwakilan rakyat, sektor industri, dan sebagainya. Kebijakan, program, maupun kegiatan yang ada tidak bisa terlepas lagi dari campur tangan perempuan.

Jika kita melihat kiprah pejuang perempuan dahulu, tidak salah kalau kita mengangkat jempol, karena semangat perjuangan Cut Nyak Dien dan Cut Mutia melawan penjajah sehingga kemerdekaan Indonesia dapat tercipta. Karena semangat dan perjuangan Kartini dan Rasuna Said, perempuan Indonesia bisa bersekolah setinggi-tingginya. Bagaimana kesetiaan dan pelayanan Ibu Fatmawati dan Ibu Mutia mendampingi bapak-bapak bangsa, Soekarno-Hatta? Di belakang laki-laki yang hebat ada perempuan yang hebat. Untuk mereka tepat ungkapan itu kita maknai.

Tidaklah salah jika setiap tanggal 21 April diperingati sebagai hari kartini dan kesemuanya itu didengungkan oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia khususnya para kaum wanita, tak terkecuali di lingkungan Fakultas Teknik Unsoed.

Ragam kegiatan peringatan hari kartini diawali dengan kegiatan halal bihalal Dharmawanita se Universitas Jendral Soedirman yang diadakan di pelataran parkir Fakultas Teknik Unsoed, acara yang dikemas dengan sederhana tetapi terkesan elegan ini dibuka oleh Ketua Dharma Wanita Fakultas Teknik Unsoed Nurul Nastain Beliau berpesan besar harapan agar para wanita selalu mau berjuang dan memajukan apa yang terbaik bagi di instansi kerja, keluarga maupun masyarakat.

Olah vokal paduan suara Jurusan Teknik Unsoed serta pembagian door prise bagi para peserta dan tamu undangan menambah meriahnya kegiatan peringatan hari Kartini yang bertepatan dengan masa Ujian Tengah Semester (UTS) genap tahun 2016 ini, hal tersebut tidak mengurangi kemeriahan kegiatan. “Perempuan haruslah terus bersinar, tidak boleh redup, dan terus semangat, agar dapat meningkatkan kemampuannya dalam keterampilannya maupun untuk pemberdayaan kreatif yang berkualitas, dan wanita tidak boleh keluar dari kodratnya sebagai wanita” pesan dari panitia acara hari kartini Fakultas Teknik Unsoed sebelum acara usai.