Kuliah umum Informatika “IT Management Service”

 

Purbalingga-Jurusan Informatika Fakultas Teknik Unsoed Universitas Jenderal Soedirman menyelenggarakan kuliah umum yang dilaksanakan di Auditorium Fakultas Teknik (Rabu, 15/03). Kuliah Umum mengusung tema “IT Service Management (ITSM)” ini menghadirkan pembicara utama Sekretaris Jenderal APTIKOM yaitu Husni Teja Sukmana, S.T., M.Sc., Ph.D.x

Acara kuliah umum diawali sambutan oleh Ketua Jurusan Informatika, Dr. Lasmedi Afuan, S.T., M.Cs. Selaku Ketua Jurusan  Informatika, beliau mengajak agar mahasiswa dapat mengikuti kuliah umum dengan baik karena merupakan salah satu program kerja jurusan Informatika  tahun 2023 yang pelaksanaannya harus didukung oleh sivitas akademika Jurusan Informatika.

Kuliah umum ini dimoderatori oleh Nofiyati, S.Kom., M.Kom (staff dosen Informatika) dan dihadiri oleh 110 mahasiswa Informatika. Kuliah Umum ini merupakan bentuk edukasi kepada mahasiswa khususnya Jurusan Informatika Unsoed mengenai konsep dan penerapan ITSM.

Dalam pemaparannya Husni Teja Sukmana, Ph.D menjelaskan mengenai pentingnya penerapan ITSM untuk mendukung pengelolaan IT, sehingga berfungsi dengan baik. Permasalahan ITSM sering kali muncul dikarenakan pengembangan IT yang tidak direncanakan dengan baik, sehingga perlu adanya IT Master Plan/Enterprise Architecture. Selain itu, Tata kelola IT terkait ITSM belum didefinisikan seperti tidak adanya service catalog, tidak adanya jaminan Service Level Agreement (SLA), serta tidak adanya SOP Layanan TIK, ungkap Husni Teja Sukmana, Ph.D.

Kuliah umum berlangsung lancar dan penuh antusia. Para peserta terlibat aktif berinteraksi dengan narasumber dalam menjawab beberapa pertanyaan dari narasumber. Kuliah umum diakhiri dengan penyerahan sertifikat, kenang-kenangan dan foto bersama. Go IF Go IF Go IF Go….