Kuliah tamu kewirausahaan “From Ideas to impact: Creating a Sustainable Business Model for Long-Term Success”

Purbalingga-Jurusan Informatika Fakultas Teknik Unsoed Universitas Jenderal Soedirman kembali menyelenggarakan kuliah tamu, kali ini kuliah tamu kewirausahaan yang dilaksanakan di Auditorium Fakultas Teknik (Senin, 22/05). Kuliah tamu kewirausahaan ini mengusung tema “From Ideas to impact: Creating a Sustainable­­ Business Model for Long-Term Success” dengan menghadirkan dosen tamu Founder PT. Lumintu INCOMSO  yaitu M. Ihsan Fawzi, S.Kom.,M.Kom

Acara kuliah tamu diawali sambutan oleh Ketua Jurusan Informatika, Dr.Ir. Lasmedi Afuan, S.T., M.Cs. Selaku Ketua Jurusan  Informatika, beliau menyampaikan berdasarkan data BPS, rasio jumlah wirausaha di Indonesia masih sebesar 3,47% atau hanya sekitar 9 juta orang dari total jumlah penduduk. Indonesia masih membutuhkan sekitar 14% atau sekitar 37 juta wirausaha. Melalui kuliah tamu ini beliau juga mengajak agar mahasiswa dapat mengikuti kuliah tamu dengan baik karena merupakan salah satu program kerja jurusan Informatika  tahun 2023 yang pelaksanaannya harus didukung oleh sivitas akademika Jurusan Informatika. Selain itu, kuliah tamu ini dapat memotivasi mahasiswa untuk memiliki jiwa wirausaha dan menjadi bekal setelah lulus. Untuk memotivasi mahasiswa, Jurusan Informatika juga memberikan bantuan dana program kewirausahaan sebesar 4 juta kepada 5 tim mahasiswa, harapannya program pendanaan kewirausahaan ini juga akan berkelanjutan, ungkap Dr.Ir. Lasmedi Afuan, ST.,M.Cs.

Kuliah umum ini dimoderatori oleh Nur Chasanah, S.Kom., M.Kom (Sekretaris jurusan Informatika Informatika) dan dihadiri oleh 110 mahasiswa Informatika. Kuliah Umum ini merupakan bentuk edukasi kepada mahasiswa khususnya Jurusan Informatika Unsoed mengenai tentang bagaimana memulai untuk berwirausaha.

Dalam pemaparannya M. Ihsan Fawzi, S.Kom.,M.Kom menjelaskan mengenai 7 hal yaitu 1) konsep menjadi seorang wirausahawan; 2) mencari ide dan kesempatan; 3) mengembangkan model bisnis; 4) validasi dan riset pasar; 5) manajemen dan perencanaan finansial; 6) Strategi penjualan dan pemasaran; dan 7) Ulasan mengenai rencana bisnis.

Kuliah tamu berlangsung lancar dan penuh antusia. Para peserta terlibat aktif berinteraksi dengan narasumber dalam menjawab beberapa pertanyaan dari narasumber. Kuliah umum diakhiri dengan penyerahan sertifikat, kenang-kenangan dan foto bersama.

#Merdeka#MajuMendunia#BahagiadanBerkarya