Informatika Unsoed Berikan Wawasan Digital Marketing ke Desa Binaan : Desa Arenan Kabupaten Purbalingga

Desa Arenan merupakan bagian integral dari Kecamatan Kaligondang dan salah satu desa dari 18 desa yang ada di Kec. Kaligondang, yang terletak 2 km sebelah utara kota Kecamatan Kaligondang dan 7 km disebelah timur ibu kota Kabupaten Purbalingga dan terletak pada 7021’22”S 109023’44”E. Desa tersebut terpilih menjadi salah satu Desa Binaan Informatika.

Luas wilayah Desa Arenan yaitu 564,82 ha, yang terdiri dari tanah kering : 499,23 ha, dan sawah : 65,59 ha serta berada pada ketinggian 146,7 meter diatas permukan laut, serta tingkat kemiringan rata rata adalah 20-30% dan kedalaman tanah 30-90 cm, dimana kalau tidak didukung dengan  sarana  prasarana pertanian yang memadai khususnya irigasi yang bersifat teknis maka wilayahnya hanya akan cocok untuk pertanian yang sifatnya tahunan. Wilayah Desa Arenan secara teritorial terdiri dari 5 ( lima ) Dusun, 10 ( sepuluh ) Rukun Warga, 27 ( dua puluh tujuh ) Rukun Tangga.

Prodi informatika telah melaksanakan kegiatan Desa Binaan pada Desa Arenan, Kaligondang, Purbalingga dalam rangka meningkatkan kualitas dan sumber daya manusia pada Desa Arenan, khususnya dalam peningkatan pemanfaatan teknologi (24/11). Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Program Desa Binaan dari Informatika Unsoed memberikan wawasan tentang digital marketing untuk mengembangkan Desa Arenan menjadi sebuah desa yang menerapkan digital marketing untuk membantu ekonomi masyarakat.

Dengan kegiatan tersebut diharapkan dapat meningkatkan kerjasama program studi Informatika dalam program Desa Binaan, melaksanakan pengabdian masyarakat khususnya oleh Dosen Informatika dengan pemberdayaan desa dan sumber daya manusia pada Desa Arenan, Kaligondang, Purbalingga.

Menanggapi perihal Program Pengembangan Desa Arenan Sebagai Desa yang menerapkan digital marketing, Kepala Desa Arenan H.Ikhwono, A.Md menyambut baik terhadap kegiatan tersebut dan menyampaikan terima kasih yang luar biasa kepada pihak Informatika Unsoed yang telah membantu mengembangkan sumber daya yang ada di desanya, serta berharap kegiatan pengabdian seperti ini dapat berjalan secara berkelanjutan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *