Informatika Adakan Workshop Penulisan Jurnal Internasional

Jumat, (03/12) Jurusan Informatika menyelenggarakan kegiatan jurusan dengan tema “ Workshop Penulisan Jurnal Internasional”. Workshop yang diagendakan khusus untuk seluruh Dosen Informatika ini dihadiri oleh seluruh Dosen Informatika. Workshop dilaksanakan secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting.Acara workshop ini menghadirkan narasumber dari intern Unsoed yaitu Prof. Dr. Eng Retno Supriyanti, S.T., M.T., yang juga sebagai Dosen pada jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Unsoed dan dipandu oleh moderator Arief Kelik Nogroho, S.Kom., M.Cs.

Acara workshop diawali dengan sambutan Ketua Jurusan Informatika, Teguh Cahyono, S.T., M.Kom. Dalam sambutannya Ketua Jurusan Informatika menyampaikan bahwa dengan terlaksananya acara workshop ini diharapkan dapat memberikan dorongan dan motivasi kepada Dosen Informatika sehingga dapat meningkatkan kuantitas dan kualitas jurnal yang dihasilkan Dosen Informatika.

Acara worshop dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh narasumber. Dalam pemaparannya Prof. Dr. Eng. Retno Supriyanti, S.T., M.T. banyak menyampaikan hal-hal yang berkaitan dengan kewajiban Dosen dalam menjalankan Tri Dharma, khususnya untuk publikasi dalam bentuk jurnal baik jurnal terakreditasi, jurnal nasional terakreditasi, jurnal internasional, dan jurnal internasional bereputasi. Selain itu narasumber juga menyampaikan hal-hal penting dalam kegiatan penelitian dan publikasi. Sebagai Dosen dalam melakukan penelitian itu jangan hanya berorientasi pada luaran jurnal internasional terindex saja namun harus tetap memperhatikan kebermanfaatan dari hasil penelitian yang sudah dilakukan. Terdapat banyak pilihan tujuan publikasi hasil penelitian namun harus tetap memperhatikan kelayakan dari juranl tersebut seperti periode terbit, dan jumlah artikel/jurnal yang diterbitkan dalam satu volume. Selain itu narasumber juga mengingatkan agar Dosen dalam melakukan publikasi harus menghindari 3 hal yaitu Fabrikasi, Falsifikasi, dan Plagiarisme.

Lebih lanjut narasumber menyampaikan tentang pentingnya roadmap penelitian baik roadmap penelitian individu,  maupun roadmap jurusan/prodi sehingga dapat menjadi acuan dalam pelaksanaan penelitian sesuai dengan kompetensi atau keilmuan masing-masing Dosen.

Acara workshop berjalan lancar dan antusias dibuktikan dengan banyaknya bapak Ibu Dosen yang terlibat dalam sesi tanya jawab. Acara diakhiri dengan closing statement yang disampaikan oleh moderator dan foto bersama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *