Informatika adakan FGD Riset Kolaborasi

Kolaborasi Dosen informatika berpeluang sangat besar dengan melibatkan keilmuan lain. Rabu  Informatika Unsoed adakan forum group discussion untuk mengundang para periset diluar informatika yang membutuhkan kolaborasi dengan informatika dalam rangka berbagi disiplin ilmu dalam kegiatan riset (6/10). Acara FGD dihadiri oleh beberapa Dosen dari luar informatika di lingkungan Unsoed antara lain Teknik Elektro, Teknik Geologi, Teknik Industri, Farmasi, Manajemen, dan Kedokteran yang dilaksanakan secara online melalui aplikasi Zoom meeting.

Acara dimulai dengan sambutan Ketua Jurusan Informatika Unsoed, Teguh Cahyono, S.T., M.Kom. dalam sambutannya, Ketua Jurusan menyampaikan bahwa dengan adanya kegiatan FGD  harapannya bisa didapatkan komitmen dan titik temu dengan menghasilkan topik riset yang bisa dilaksanakan bersama.

Selanjutnya FGD diawali dengan Pemaparan Tentang Riset yang telah dilaksanakan di Informatika yang disampaikan oleh Ketua kegiatan FGD, Dr. Lasmedi Afuan, S.T., M.Cs. Kegiatan riset Informatika berdasarkan bidang keahlian terkait pengembangan SI, Sistem Pakar, Mobile Aplication, SPK, Datawarehouse, SIG, Datamining, Networking dll. Ketua FGD juga menyampaikan harapannya bisa berkolaborasi melalui kegiatan fgd ini, terutama pada kegiatan penelitian, pengabdian, program mbkm dan program2 lainnya.

Beberapa kegiatan tridarma dosen informatika yang pernah dilakukan secara kolaborasi diantaranya dalam bidang pengabdian masyarakat hasil kolaborasi dengan Teknik Geologi, bidang penelitian bekerjasama dengan Ekonomi untuk Mengembangkan wilayah pariwisata daerah pesisir pada DRPM sejak tahun 2018, Kemudian lanjut ke Rispro. Untuk kolaborasi, bukan hanya dalam bidang penelitian dan pengabdian saja, namun bisa dalam hal kolaborasi dalam membimbing mahasiswa untuk penelitian tugas akhir.

Acara berjalan lancar dan antusias terbukti dari keterlibatan peserta FGD dalam diskusi panjang tentang riset-riset yang telah dilaksanakan berkaitan dengan informatika dan rencana penelitian maupun pengabdian yang dapat dilaksanakan dengan kolaboarasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *