Malam minggu yang biasanya diisi kegiatan hiburan dan lain sebagainya kali ini sedikit berbeda jurusan informatika menyelenggarakan “Malem Minggu Berfaedah (MMB)” yakni acara ngobrol bareng di channel telegram informatika unsoed dengan menghadirkan tamu spesial dari profesional dan pengusaha yang dapat menginspirasi Mahasiswa.

Pada edisi 2 Maret 2019 sebagai edisi perdana dihadirkan seorang pengusaha muda yang sukses membangun 5 Perusahaan serta puluhan cabang kuliner dalam usia 30tahunan. Pak Dimas Nurcahyo, ST, MM, seorang pengusaha muda yang merintis karir dari sebuah elf bekas hingga akhirnya memiliki usaha kuliner yang gudangnya tidak di jaga manajer aneh bukan? bagaimana kisahnya serta pengalamannya ikuti transkrip chat MMB #1,  2 Maret 2019 berikut, pada kesempatan kali ini pula anggota group berinisial AXL mendapatkan hadiah give away 1 tiket captain Marvel.

Selamat menyimak transkrip chat berikut, transkrip telah diurutkan berdasarkan pertanyaan dan jawaban dari peserta chat, beberapa chat yang tidak perlu atau kurang relevan telah kami filter


[7:59:17 PM]Bangun Wijayanto: Yuk pada onlen, Kita mulai jam 8 y , Sebelumnya mungkin ada rule nya dulu y,

  1. Moderator buka dulu
  2. Tamunya perkenalan dulu
  3. boleh bertanya apa saja
  4. Tanya gantian 3 orang dulu baru gentian
  5. Jangan nanya SARA
  6. Jangan Copras Capres
  7. yang paling aktif dapet kesempatan dapet captain marvel
    Jika sukses pekan depan kita chat dengan tamu tamu luar biasa lainnya

Ada beberapa tamu yang siap masuk bergantung keaktifan mahasisawa, mohon dimanfaatkan sebaik baiknya, yang belum onlen dikabari dulu
Malem ini kita ada tamu sangat spesial, beliau berhasil membangun 5 perusahaan di usia 30an, dan menjadi pengajar wirausaha di undip, usia masih muda tapi banyak bidang usahanya, hobynya main tril (motor tril) , teman sy sma dan teman pak ipung smp, nama beliau dimas nur cahyo, baik untuk menyingkat waktu kita denger eh baca dulu perkenalan beliau, silent bentar y

Monggoh pak Dimas untuk memperkenalkan diri, Nah pak dimas nya udah onlen sepertinya

 [8:03:38 PM]Pak Dimas :

Assalamualaikum. Terima kasih sebelumnya utk Pak Bangun yg sdh diundang ke grup ini. Dan anggota grup scr umum.

Basic pendidikan sy S1 Teknik Sipil, S2 Magister Manajemen. Keduanya di UNDIP semarang.

[8:08:49 PM]Bangun Wijayanto:

Tahun berapa mulai mendirikan usaha pak?

[8:10:11 PM]Pak Dimas :

Mulai usaha waktu sy msh jadi pegawai bank. The power of kepepet. Sekitar tahun 2010an sdh nekat nyambi buka usaha transport. Armada pertama sy isuzu ELF short isi 16 org. Beli seken tua. Mogokan. Hehe

Smpe akhirnya tahun 2012an sy memutuskan klr pekerjaan. Full membangun bisnis dr nol.

[8:12:46 PM]Bangun Wijayanto:

Dan pak dimas ini salah satu pengusaha yang sekarang menggunting semua kartu kreditnya , non riba, monggoh selanjutnya bila ada pertanyaan boleh rekan mahasiswa

[8:13:30 PM]Pak Dimas :

Hehe… Insya Allah hijrah fisabilillah. Basic core bisnis sy di dunia transport. Agak keras sebetulnya. Krn di jawatimur khususnya Surabaya. Sdh byk bos2 transportasi.

[8:14:02 PM]Bangun Wijayanto

Silahkan mahasiswa boleh bertanya bebas no sara, no Copras Capres

[8:14:27 PM]Nurul Istiqomah:

Assalamualaikum pak, perkenalkan saya Nurul Istiqomah dari angkatan 2015. Mau bertanya pak, bagaimana caranya memunculkan mental wirausaha? Krn contohnya saja saya, msh enggan untuk memulai berwirausaha pak, terlalu takut untuk memulai. Jadi masih terlalu nyaman di zona aman. Mohon pencerahannya pak.. 🙂

[8:28:10 PM]Pak Dimas :

Diniat kan, niat wirausaha, menjemput rezeki berkah. Jgn niat cari uang. Klo niat cari uang, pelihara tuyul ato babi ngepet ud selesai..Tiap malem cukup jaga lilin.. Hehe. Guyon yah.. :smile:. Mutlak innamal a’malu binniyat. Menjemput rezeki.

Nekat. Momen paling tepat wirausaha itu skr. Nggak peduli km pny ilmu ato nggak. Hrs dipaksa. Sholat tahajud & subuh, gk akan terwujud klo g nekat & dipaksa. Sama aja dgn wirausaha. Cara terbaik untuk belajar berenang ya lgs nyemplung, gk cm nonton di Youtube aja.. Hehe

Huznudzon. Prasangka baik sm Allah. Klo udah niat lurus, nekat lgs jalankan, bismillah, tanamkan prasangka baik sm Allah. Niat ibadah menjemput rezeki dgn cara berkah.

Insya Allah. Seiring berjalan waktu. Akan muncul keasyikan2 dan gelora membara untuk berjibaku mengembangkan bisnis. Smpe mau tidur aja sayang, pasti kecanduan mengembangkan bisnis.

[8:36:57 PM]Nurul Istiqomah:

Terimakasih pak pencerahannya.. Jadi pengen berwirausaha juga pak.. Hehe

[8:39:02 PM]Pak Dimas :

Harus wirausaha. 9 dr 10 pintu rejeki itu dr berdagang. Insya Allah rejeki juga tdk akan tertukar. Yg penting tekun & sabar.

[8:40:09 PM]Pak Dimas :

Hehe. Klo udah berani jalankan. Br akan manggut2 kays boneka dashboard mobil… Pasti akan merasa bener juga. Bisnis itu addicted

[8:40:45 PM]Nurul Istiqomah:

Insyaallah pak.. Semoga saja bisa mengikuti jejak bapak :blush:

 [8:16:55 PM]Temmy Dwi Mahendra:

Assalamulaikum bapak,
Perkenalkan nama saya Temmy Dwi Mahendra dari angkatan 2018
Izin bertamya
Apakah baik memulai usaha bukan karena kompetensi atau hobby tapi karena ada peluang (misal ada kebutuhan pasar, atau ada kelebihan uang, dan sejenisnya)?

[8:33:59 PM]Pak Dimas :

Sy teknik sipil. Nggak ada satu pun bisnis sy yg sejalur dgn ilmu. Termasuk bisnis sy yg baru. Kuliner. Sdh ada bbrp cabang.
Yg utama & terutama. Bisnis terbaik adl yg sesuai hobi. Mau kuliah hukum, teknik, dll. Ujungnya buat dptkan rejeki kan? Pilih mana kerja sesuai disiplin ilmu gaji 5-10jt. Ato bisnis sesuai hobi tp bs pnya Alphard? Hehe. Sy hobi otomotif. Makanya bisnis sy yg pertama adl dunia transport. Krn hasrat gk bs menipu perilaku. Klo anda senang biasanya ada halangan/kendala apapun pasti gk akan terasa krn dianggap hobi
Kata ridwan kamil, pekerjaan terbaik adl hobi yg dibayar. It’s true! :relaxed:

[8:18:00 PM]Axl Adilla:

Assalamualaikum pak saya Axl Adilla dari informatika angkatan 2016. Ingin bertanya . Melihat profil bapak kan 5 perusahaan saya ingin tahu peran dan peluang lulusan IT di dunia nyata pak . terima kasih

[8:36:56 PM]Pak Dimas :

Klo dlm konteks bisnis. Peran IT di dunia nyata intinya jelas untuk mendukung & memudahkan jalannya perusahaan. Mulai operasional sd marketing. Intinya memudahkan uang dtg. Efisiensi, efektivitas, dll.

[8:34:50 PM]Bangun Wijayanto

Pak dimas mungkin usaha kuliner terbaru namanya apa? Kali aja nanti kita bisa pada mampir :yum:

[8:40:59 PM]Pak Dimas :

Di surabaya. Angkringan & cafe. Sudah ada 25 cabang Yg angkringan Pernah sy bahas di grup smunsa lho pak… Hehe

[8:44:34 PM]Fawwaz Akbar:

Assalamualaikum pak,izinkan saya memperkenalkan diri,nama saya Fawwaz Akbar Koto dari angkatan 18. Izinkan saya bertanya,Bagaimana cara memperluas tali relasi ditempat/kota yang baru saja ditempati ini? Apakah memakai trik/cara sendiri yang pernah dilakukan di kota asal atau melakukan dengan cara baru untuk mendapatkan tali relasi?

[8:52:30 PM]Pak Dimas :

Wa’alaikumsalam.
Gampang. Klo anda muslim. Sering rajin2 ikut taqlim, tilawah, dll. Insya Allah akan dpt byk kenalan & relasi. Atau cara termudah, ikut komunitas atau organisasi sesuai target market. Bs apapun. Nanti, perlahan2 akan byk kenal & dikenal. Makin byk kenal & dikenal, akan makin mudah bagi pengembangan bisnis.

Kemudian klo ada seminar2 nasional, yg kiranya audience itu org kalangan atas. Segera ikut. Sp tau anda bs semeja dgn bos perusahaan. Kan jd kenal. Ntr saling save no wa. Byk bgt caranya.

[8:44:45 PM]Temmy Dwi Mahendra:

Saya tertarik sekaligus kepo dengan latar belakang bapak sebagai pengusaha yang hijrah fisabilillah
Saya ingin bertanya
1.Apakah bapak sekarang masih kerja di bank?
2. Bagaimana sih keluar dari lingkaran riba?
Padahal lulusan” mahasiswa pasti sangat tergiur dengan gaji yg menjanjikan
Tolong pak kasih tau kisah bapak bisa hijrah sampai sukses seperti sekarang

[8:59:07 PM]Pak Dimas :

Alhamdulillah sdh resign tahun 2012. Cr klr dr lingkaran riba? Memiskinkan diri alias duit yg ada buat lunasin semua. Klo msh kerja ya lgs klr. Nanti pasti jd pnas dingin. Luntang luntung. Tp itu akan jd motivasi terbesar buat kuatkan tekad berbisnis. Cr jalan yg lebih berkah. Krn motivasinya sudah berubah, dr menjemput rejeki menjadi bertahan hidup. Klo sdh pd tahap motivasi bertahan hidup, ibarat mau ktmu singa aja rela saling tebas, demi bertahan hidup.. Level kegigihan anda akan berlipat ganda. Buat org tionghoa generasi pertama, motivasi bertahan hidup itulah yg bs menghasilkan kerajaan bisnis di masa sekarang, biasanya skr sudah generasi ke dua ato ketiga. Itu motivasi level dewa. Krn mau gk mau hrs hidup.

 [8:47:41 PM]Axl Adilla:

Maaf pak mau izin bertanya lagi .
Saya mau tanya lagi , apa alasan bapak untuk membangun perusahaan hingga 5 di bidang yang berbeda – beda pak ? apakah lebih menguntungkan dibanding fokus 1 ? dan apa tidak sulit untuk mengatur pengelolaannya pak ?

[9:04:11 PM]Pak Dimas :

Ingat pepatah, jgn tempatkan telur pd satu keranjang.. Hehe. Itu dipakai. Klo satu mampet buyar. Klo di diversifikasi jd berbagai macam. Anda bs saling subsidi silang jika salah satu kena dampak paceklik. Bisnis itu fluktuatif sesuai karakter bisnisnya. Sub bisnis bisa macam2, tp core bisnis tetap di transport. Umpama anda core bisnis tekstil. Sub bisnis bisa celana, baju, kaos, daleman, ato kain mentah..

 [8:49:45 PM]Bangun Wijayanto

Sepertinya kita perlu bawa pak dimas balik Purwokerto buat kuliah umum kapan kapan

[9:12:10 PM]Aryo Muhammad:

Izin pak. Sebelum keduluan lagi hehe.
Mau bertanya perihal modal bisnis pak dimas.
Saya sbagai orang awam jika mendengar bisnis transportasi pasti berpikir modalnya besar banget.
Ditambah pak dimas tadi bilang salah salah satu tips memulai bisnis adalah “nekat”.
Nah disini saya masih bingung, bagaimana cara bapak mendapatkan modal untuk usaha transportasi tersebut?
Karena menurut saya, hambatan terbesar yang membunuh keberanian pebisnis pemula biasanya modal hehe
Mau bisnis, ngga punya uang. Mau pinjam uang ke bank, kena bunga. Bingung. Ujung ujungnya ngga jadi

[9:19:20 PM]Pak Dimas :

Ya itu dulu uang seadanya sy mulai dgn beli mobil tua. Elf 16 seats. Trs dijual beli lgi. Kemudian bs jg cari investor. Tawarkan sistem syirkah (kerjasama) dgn sistem bagi hasil (mudharabah). Yg penting amanah. Byk cara mencari modal. Memang butuh waktu. Sekelas mark zukerberg aja butuh co-founder..lha kita siapa? Hehe

 

Nadhif Fadilah:

Asslamualikum perkenalkan nama saya nadhif fadilah angkatan 2016 saya izin bertanya, Dalam mengontrol semua usaha yang bapak punya , tentu sebuah perusahaan terdiri dari banyak orang apalagi bapak sekarang mempunyai 5 perusahaan yang salah satu nya 25 cabang mungkin ada teknik khusus dalam mengontrol sehingga bisa berjalan dengan sukses?? 

[9:19:20 PM]Pak Dimas :

Contoh kyk angkringan. Pke teknik duha & tahajud. Minta sm Allah biar semua pegawai dibukaka hatinya dan diisi dgn muraqabatullah (merasa selalu diawasi Allah), Insya Allah amanah. Gk perlu manajer. Masing-masing cabang nyetor tiap hari. Gudang sy nggak petugasnya. Semua bahan ambil sesuai kebutuhan. Alhamdulillah klop g pernah ada pencurian, korupsi, dll. Klopun ada, jgn kuatir, otomatis kita ditransfer pahala dr karyawan yg nyolong. Yg penting ikhtiar dulu punya bisnis, jalankan sesuai tuntunan Quran & sunnah jika anda muslim. Selanjutnya… Tawakal… Pasrah hadil ke Allah Azza Wa Jalla. Serahkan sisanya ke Allah Subhanahu Wata’alla melalui doa panjangmu di 1/3 malam…

[9:25:46 PM]Bangun Wijayanto:

Luar biasa masyaalloh, Membaca jawaban pak dimas sy sangat tergugah untuk berusaha menjadi baik, dan termotivasi untuk usaha, mudah mudahan rekan rekan mahasiswa juga memiliki motivasi yang sama, dan jangan lupakan akademik, beliau sampai S2 loh ya, jadi sambil wirausaha sambil anda selesaikan pendidikan

[9:29:57 PM]Pak Dimas :

Nanti, lingkungan anda akan berubah seiring dgn meningkatnya kapasitas bisnis. Klo anda berniat bisnis semata krn Allah, akan dihadirkan org2 terbaik yg akan dampingi anda atas pilihan Allah. Tp klo berbisnis

[9:32:36 PM]Bangun Wijayanto

Sy yakin anda semua belum puas berbincang dengan pak dimas, tapi tentu pak dimas perlu istirahat dan mudah mudahan jika ada kesempatan kita dapat bekerjasama dengan perusahaan pak dimas serta bisa mendatangkan beliau ke Purwokerto, atau himatif mungkin dapat mewujudkannya, sangat luar biasa malam minggu ini, atas nama civitas informatika yang aktif onlen maupun yang hanya menyimak saja kami ucapkan banyak terimakasih

Sy pribadi ucapkan Jazakallahu Khairan atas ilmu yang didapatkan malam ini

Terimakasih pak dimas sudah berbagi ilmu

Sy tutup untuk kuliah tamu kita malem ini, walaupun lewat chat banyak ilmu yang kita dapatkan, sampai jumpa pekan depan bersama orang orang yang luar biasa wassalamu’alaikum wr.wb

 [9:36:54 PM]Pak Dimas :

Wa iyyakum jazakallah. Syukran semua atas semangat nya. Mudah2an temen2 istiqomah menggapai masa depan penuh berkah..

[9:37:09 PM]Bangun Wijayanto

Aamiin

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here