Kunjungan ilmiah ke berbagai instansi dan sektor usaha dilakukan sebagai upaya menambah pengetahuan mahasiswa Fakultas Teknik Informatika Universitas Jendral Soedirman (Unsoed)  untuk mengetahui dinamika serta sistem kerja dalam instansi/usaha yang menjadi objek kunjungan.

Rute kunjungan ilmiah pada kesempatan dimulai dari Toko Pedia Jakarta, Qwords Jakarta serta Bandung Techno Park dilakukan pada tanggal 22-24 Agustus 2016. Rombongan mahasiswa Jurusan Teknik Informatika berjumlah 50 mahasiswa dengan didampingi 2 dosen yakni Nofiyati, S.kom.,M.Kom dan Nur Chasanah, S.Kom.,M.Kom. “Selain mahasiswa diarahkan mendapatkan pengetahuan di ruang kelas, diharapkan juga mahasiswa mendapatkan informasi dari sumber yang real dilapangan agar mahasiswa lebih siap terjun di dunia kerja nantinya setelah lulus kuliah, dan yang tak kalah penting adalah mahasiswa menjadi lebih termotifasi dengan disiplin ilmu yang sudah di pelajari selama di bangku perkuliahan dapat diimplementasikan di berbagai bidang yang lain” terang Nofiyati, S.Kom.,M.Kom selaku dosen pendamping.

Pada kesempatan itu pihak institusi sangat antusias dalam menyambut rombongan, penjelasan demi penjelasan diberikan secara terbuka supaya peserta terbangun gambaran profil perusahaan maupun lika-liku dunia kerja pada umumnya, kemajuan teknologi menjadi topik yang sangat digemari oleh mahasiswa, ruang diskusi dan bertanya diberikan seluas-luasnya oleh instansi kunjungan kepada mahasiswa. Banyak pertanyaan-pertanyaan yang terlontar mengenai karir di perusahaan, strategi penjualan dan lain sebagainya dari para peserta kunjungan.