Upgrading Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika 2012

0
256

Purwokerto – Kegiatan Upgrading Pengurus HIMATIF UNSOED 2012 merupakan kegiatan yang baru pertama kali diadakan oleh HIMATIF UNSOED, dan telah dilaksanakan pada hari Sabtu sampai Minggu, tanggal 10-11 Maret 2012 di Balai Benih Ikan desa Tambak Sogra, Purwokerto. Kegiatan ini bertujuan untuk mempererat tali silaturrahmi, kekompakan, kerja sama dan komitmen seluruh pengurus HIMATIF 2012 agar selalu solid dalam menjalankan setiap program kerja yang akan direalisasikan dalam periode kepengurusannya.

Selama dua hari tersebut, seluruh pengurus HIMATIF UNSOED mendapat pelatihan kekompakan dan pembekalan materi keorganisasian yang diwujudkan daplam beberapa kegiatan seperti outbond dan permainan beregu lainnya yang bermanfaat untuk membangun kekompakan tim. Sebelumnya panitia upgrading yang terdiri dari angkatan sebelumnya tidak memberi tahukan dimana lokasi upgrading yang akan dilaksanakan.

Di hari pertama, pengurus HIMATIF UNSOED dibagi menjadi enam kelompok sesuai divisi masing-masing. Kemudian setiap kelompok diberi petunjuk-petunjuk untuk menemukan kode-kode verifikasi yang akan menuntun regu tersebut ke tempat diadakannya upgrading. Kode verifikasi pertama terletak di papan nama Kampus Biologi UNSOED. Kode verifikasi selanjutnya ditempel pada sebuah tiang di sebuah persimpangan jalan, dan yang terakhir ditempelkan pada sebuah tiang yang berada di depan masjid di Desa Tambak Sogra.

Sesampainya di Balai Benih Ikan di Desa Tambak Sogra, pengurus HIMATIF UNSOED diberi waktu sebentar untuk istirahat, shalat dan makan. Kegiatan selanjutnya adalah pembekalan materi tentang organisasi dengan pembicara Asep Sumantri, Presiden BEM KM MIPA UNSOED periode 2011 dan Anton, Wakil Presiden BEM UNSOED periode 2011.

Pada malam harinya dilanjutkan dengan evaluasi kinerja HIMATIF UNSOED periode 2012 oleh pengurus sebelumnya serta bedah performa yang mengungkapkan kelamahan dan kelebihan kepengurusan sebelumnya. Setelah itu diisi oleh acara hiburan dengan permainan-permainan yang mampu melepas penat dan lelah hari itu.

Pada hari kedua, peserta upgrading HIMATIF UNSOED kembali dibagi menjadi beberapa kelompok sesuai divisi masing-masing dan melakukan kegiatan outbond untuk meningkatkan kekompakan dan kerja sama internal setiap divisi.

Siang harinya, peserta upgrading diberi materi keorganisasian dengan cara yang sederhana dan menyenangkan oleh Bapak Suharjo. Dari permainan-permainan sederhana tersebut, peserta upgrading mampu mengambil nilai-nilai yang sangat krusial dalam berdirinya sebuah organisasi.

Acara upgrading diakhiri oleh penutupan dari ketua Himatif 2012, Hani Febri Mustika pada Minggu siang. Dengan diadakannya kegiatan ini, diharapkan seluruh elemen kepengurusan HIMATIF 2012 dapat melaksanakan program kerjanya dengam maksimal dan hasil yang memuaskan. Amin.