Kuliah Umum TIK Dalam Perbankan

Written by admin. Posted in Berita

Jurusan Teknik Informatika Unsoed menggandeng Bank BNI menyelenggarakan kuliah umum tahun 2017, bertempat di Aula Fakultas Teknik Gedung A hari Jumat, 6 Oktober 2017, mengambil tema TIK dalam perbankan. sebagai narasumber tunggal Saqariza Qori Himawan sekarang menjabat sebagai Kanwil Jogjakarta pada Divisi Business Performance BNI.

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) mengalami perkembangan yang pesat dan dimanfaatkan di semua sisi kehidupan, salah satunya ada pada perbankan. Kemajuan sistem perbankan sudah tantu di topang oleh peran teknologi informasi. Semakin berkembang dan kompleksnya fasilitas yang diterapkan perbankan untuk memudahkan pelayanan. Apalagi untuk saat ini, khususnya dalam dunia perbankan hampir semua produk yang ditawarkan kepada customers serupa, sehingga persaingan yang terjadi dalam dunia perbankan adalah bagaimana memberikan produk yang serba mudah dan cepat.

Dalam dunia perbankan, contoh penerapan Teknologi Informasi adalah telah diterapkannya transaksi perbankan lewat internet atau dikenal dengan Internet Banking. Beberapa transaksi yang dapat dilakukan melalui Internet Banking antara lain transfer uang, pengecekan saldo, pemindahbukuan, pembayaran tagihan, dan informasi rekening. Bahkan penarikan uang, pengecekan saldo hingga transfer antar bank melalui mesin ATM juga merupakan pemanfaatan Teknologi Informasi dalam bidang perbankan. yang tak kalah penting seperti kejadian force majeure pada satelit telkom 1 yang hancur beberapa waktu yang lalu bisa di antisipasi sedini mungkin dengan beberapa langkah seperti yang dilakukan oleh Bank BNI dengan memiliki beberapa provider dan membagi data-data nya di banyak provider tersebut sehingga minimalisir data hilang menjadi sangat kecil. 

Lulusan Jurusan Informatika kedepan akan mendominasi dan menjadi garda terdepan dalam perkembangan pengelolaan informasi tentunya, diharapkan karya-karya mahasiswa informatika Unsoed bisa berbicara lebih di kanca nasional ataupun dunia guna menjawab tantangan kebutuhan informasi, transaksi ataupun yang lainnya dalam rangka menyongsong era digital dan ekonomi bebas tutup Saqariza.

Trackback from your site.