Expo Masa Keakraban Informatika 2018

Written by admin. Posted in Berita

Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika (HIMATIF) merupakan salah satu organisasi yang ada di lingkungan Fakultas Teknik Unsoed, didalam menunjukan eksistensi sekaligus memperkenalkan kepada mahasiswa baru 2018 HIMATIF lewat divisi pengembangan sumber daya mahasiswa (PSDM) menggelar acara EXPO untuk mengisi masa keakraban Jurusan Teknik  Informatika, acara yang digelar pada senin, 10 September 2018 dan bertempat di Aula gedung A Fakultas Teknik Unsoed ini berhasil menyedot perhatian dari banyak mahasiswa baru baik dari Jurusan Informatika maupun Jurusan yang lainnnya.

Faseh Kurnianto selaku ketua expo masa keakraban informatika 2018 menjelaskan tujuan dari expo ini adalah mengenalkan kepada mahasiswa baru tentang  beberapa projek hasil kreasi dari mahasiswa Jurusan Teknik  Informatika, bagi yang belum mengenal Jurusan Informatika sebelumnya pastinya image yang ada kalau Jurusan Informatika hanya main game saja atau hanya memperbaiki alat elektronik baik komputer, laptop, printer dan sebagainya. Setelah melihat expo tersebut diharapkan kedepan anggapan itu mulai terkikis, banyak hasil-hasil lain yang bisa diciptakan dari Jurusan Teknik Informatika bahkan bisa menjadi pekerjaan yang menjanjikan, bagi terang Faseh.

1. Satriagama Anggota : Adi Nanda, Fariz Sidik, Perdana Kurnia, Agus Dwi Project kerjasama dengan bimbingan belajar di daerah Purwokerto, Aplikasi berbasis web ini membantu dalam hal pendataan peserta, tentor, dan menyediakan layanan bimbingan belajar secara online.

 

2. Gawean Dewek

Anggota : M. Akbar Iskandar Sebuah mobil remote control yang dapat bermanuver ke segala arah dengan dikontrol melalui smartphone lewat perantara bluetooth.

 

3. Muter Kota

Anggota : Iqbal Ahdagita, Rafi Aldiansyah, Nurul Istiqomah Aplikasi berbasis website untuk memberikan informasi seputar tempat pariwisata, kuliner, event, dan promo di daerah lokal bagi wisatawan.

 

4.    Kenalan Yuk!

Anggota : Achmad Dejan, Rifqi SAH Aplikasi berbasis android untuk memudahkan pendataan diri kedalam database dan sharing data diri menggunakan QR code.

 

5.    Exe Cat Game

Anggota : Sigit Rizaldi Exe Cat merupakan game berbasis desktop (PC) dengan karakter kucing lucu yang berpetualang menemukan kunci untuk menuju ke level selanjutnya. 

6.    Marco

Anggota : Leo Aditya Aplikasi berbasis android yang dapat digunakan untuk mencari dan melihat menu dan resep masakan.

 

7.    E-Pilkahim Anggota : Ahmad Fauzi R, Fail Wildan M Aplikasi berbasis website yang dapat membantu mahasiswa dalam melakukan pemilihan ketua himpunan. Pengguna yang terdaftar dapat memilih ketua himpunan dengan aplikasi ini.

 

Rekrutmen Asisten Praktikum TA 2018/2019

Written by admin. Posted in Berita

Salah satu faktor pendukung lancar dan berhasilnya pelaksanaan kegiatan praktikum adalah dengan adanya asisten praktikum, selain membantu dosen pengampu mata praktikum dalam penyampaian materi, keberadaan asisten praktikum juga sebagai pembimbing bagi praktikan (mahasiswa yang mengikuti kegiatan praktikum) pada saat menemui kendala dalam praktikum, sangat fitalnya keberadaan asisten praktikum maka laboratorium Jurusan Informatika Unsoed menyelenggarakan seleksi asisten praktikum semester gasal  Tahun Ajaran 2018/2019, seleksi dilaksanakan pada hari Jumat, 7 September 2018 bertempat di Laboratorium Multimedia, proses pendaftaran sudah dibuka selama 4 hari sebelumnya dengan jumlah pendaftar sebanyak 30 peserta, dalam semester gasal ini akan di gelar 6 mata praktikum antara lain praktikum kecerdasan buatan (AI), praktikum pemrograman berorientasi objek (PBO), praktikum pengantar basis data (PBD), praktikum sistem operasi (SO), praktikum jaringan komputer (Jarkom) serta praktikum algoritma dan pemrograman (Alpro).

Bangun Wijayanto, S.T.,M.Cs selaku kepala laboratorium pemrograman sekaligus penguji bagi calon asisten praktikum menjelaskan dalam proses seleksi kali ini diterapkan 2 metode yaitu tes wawancara dan juga praktik pendampingan terhadap calon praktikan, kecakapan serta penguasaan materi bagi calon asisten sangat dibutuhkan dalam proses kegiatan praktikum agar para praktikan benar-benar paham terhadap materi yang sedang diberikan dari dosen pengampu. Bagi para asisten praktikum yang dinyatakan lulus di kumpulkan kembali pada hari senin, 10 September 2018 dan diberikan bimbingan teknis sekaligus pembekalan yang diisi oleh Kepala Laboratorium. Tujuan dari pembekalan ini adalah untuk memantapkan bagi asisten praktikum agar bisa mendampingi kegiatan praktikum dan transfer ilmu terbaiknya yang sudah di dapat kepada praktikan yang di dampingi dalam kelompoknya. disamping itu suksesnya praktikum tidak saja di ukur dari nilai yang di dapat oleh praktikum akan tetapi praktikan bisa mengerti apa yang disampaikan/diberikan, kerjasama yang baik antar dosen pengampu dengan asisten praktikum juga menjadi salah satu foktor pendukung kesuksesan jalannya kegiatan praktikum terang Bangun. Tak lupa kepala laboratorium juga mengucapkan banyak terima kasih kepada Axl Adilla dan juga M.Fahrurrozi Bimo A perwakilan dari Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Informatika (Himatif) yang membantu dalam proses seleksi asisten praktikum semester gasal ini, bagi pendaftar yang belum berkesempatan menjadi asisten praktikum jangan berkecil hati teruslah belajar dan tak ada salahnya mencoba semester depan tutup Bangun.

Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) 2018

Written by admin. Posted in Berita

Formasi Mahasiswa Baru Membentuk Tulisan FT 2018

Pengenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru (PKKMB), kata yang mungkin akan mengantarkan pikiran kita pada sebuah bayangan mengenai kegiatan dimana mahasiswa – mahasiwa baru “disambut” dengan berbagai cara “unik” oleh seniornya. Menjadi sebuah kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun hampir di setiap kampus seakan ada sebagai sebuah gerbang awal untuk menyambut bibit – bibit baru yang akan berjuang di kampus tersebut.

Proses pengenalan kampus yang sangat beragam tidak dilandasi sikap ilmiah dengan berbagai tujuan esensi penyiapan mental yang sangat diperlukan untuk menunjang keberhasilan mengikuti pendidikan tinggi. Akibatnya dalam praktek penerimaan mahasiswa baru telah terjadi penyimpangan “tradisi”. Antara lain berupa: pelanggaran norma kehidupan dan kekerasan fisik dengan akibat kesakitan psikis maupun fisik, bahkan sering menimbulkan adanya korban jiwa yang tidak ternilai harganya.

Humanis setidaknya itu merupakan kata yang tepat sebagai solusi yang digagas oleh panitia pelaksana yang nantinya menghapus tradisi kekerasan. Hal ini diaplikasikan dengan mambuat lebih banyak format kegiatan diskusi, debat, tukar pikiran, motivasi dan dialog antar mahasiswa, dosen maupun unsur akademika yang ada di Fakultas Teknik.

Pengenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru (PKKMB) di Fakultas Teknik 2018 hadir sebagai solusi dalam hal pembimbingan mahasiswa baru Universitas Jendral Soedirman. kegiatan yang berlangsung tanggal 31 Agustus – 1 September 2018 ini menyatukan 5 Jurusan dalam sebuah payung konservasi yang dibingkai dalam acara PKKMB memiliki tujuan untuk menyatukan semangat seluruh mahasiswa baru untuk lebih mencintai almamter tentunya.

PKKMB Fakultas Teknik tahun 2018 ini mengungsung tema mempersiapkan mahasiswa baru Unsoed menjadi mahasiswa teknik yang inovatif, peduli, jujur, cerdas, pantang menyerah. Kegiatan tahun ini dengan diikuti oleh lebih dari 353 mahasiswa S1 dari 5 Jurusan yang ada dengan rincian dari Jurusan Teknik Sipil 94 peserta, Jurusan Teknik Elektro 91 Peserta, Jurusan Teknik Geologi 59 Peserta, Jurusan Teknik Informatika 64 peserta dan Jurusan Teknik Industri 41 peserta.

Diskusi Kerlompok Mahasiswa Baru 2018

Pengenalan Lingkungan Kampus Bagi Mahasiswa Baru 2018