Kunjungan Ilmiah Teknik Informatika

Written by admin. Posted in Berita

Kunjungan ilmiah ke berbagai instansi dan sektor usaha dilakukan sebagai upaya menambah pengetahuan mahasiswa Fakultas Teknik Informatika Universitas Jendral Soedirman (Unsoed)  untuk mengetahui dinamika serta sistem kerja dalam instansi/usaha yang menjadi objek kunjungan.

Rute kunjungan ilmiah pada kesempatan dimulai dari Toko Pedia Jakarta, Qwords Jakarta serta Bandung Techno Park dilakukan pada tanggal 22-24 Agustus 2016. Rombongan mahasiswa Jurusan Teknik Informatika berjumlah 50 mahasiswa dengan didampingi 2 dosen yakni Nofiyati, S.kom.,M.Kom dan Nur Chasanah, S.Kom.,M.Kom. “Selain mahasiswa diarahkan mendapatkan pengetahuan di ruang kelas, diharapkan juga mahasiswa mendapatkan informasi dari sumber yang real dilapangan agar mahasiswa lebih siap terjun di dunia kerja nantinya setelah lulus kuliah, dan yang tak kalah penting adalah mahasiswa menjadi lebih termotifasi dengan disiplin ilmu yang sudah di pelajari selama di bangku perkuliahan dapat diimplementasikan di berbagai bidang yang lain” terang Nofiyati, S.Kom.,M.Kom selaku dosen pendamping.

Pada kesempatan itu pihak institusi sangat antusias dalam menyambut rombongan, penjelasan demi penjelasan diberikan secara terbuka supaya peserta terbangun gambaran profil perusahaan maupun lika-liku dunia kerja pada umumnya, kemajuan teknologi menjadi topik yang sangat digemari oleh mahasiswa, ruang diskusi dan bertanya diberikan seluas-luasnya oleh instansi kunjungan kepada mahasiswa. Banyak pertanyaan-pertanyaan yang terlontar mengenai karir di perusahaan, strategi penjualan dan lain sebagainya dari para peserta kunjungan.

Mekanisme Kerja Praktek dan Tugas Akhir Teknik Informatika

Written by admin. Posted in Berita

Kerja Praktek dan Tugas Akhir ini merupakan wadah untuk para mahasiswa aktif Teknik Informatika untuk mendapatkan banyak informasi seputar Kerja Praktek dan Tugas Akhir. Sosialisasi yang berjalan sekitar dua jam tersebut, diisi oleh Komisi Kerja Praktek dan Tugas Akhir, yaitu Nofiyanti, S.Kom.,M.Kom dan Swahesti, S.Kom.,MT. Acara tersebut diawali dengan pemaparan materi dari Nofiyati tentang mekanisme kerja praktik serta pelaporan dari mahasiswa setelah pelaksanaan kegiatan kerja praktek. Hal inti pada pembahasan sesi ini adalah langkah-langkah mengajukan kerja praktik, persyaratan yang harus dipenuhi oleh mahasiswa, ketentuan-ketentuan khusus dalam kerja praktik, dan informasi lainnya. Nofiyati berpesan kepada mahasiswa agar tetap bisa menjaga nama baik diri maupun kampus, jangan sampai melakukan tindakan-tindakan yang dapat merugikan kedua belah pihak.

Sesi selanjutnya adalah sesi tanya jawab yang mana pertanyaannya berasal dari para peserta. Setelah kurang lebih satu jam, acara dilanjutkan oleh Swahesti yaitu pemaparan materi seputar tugas akhir. Dalam sesi ini dipaparkan bagaimana prosedur maupun tips dan trik bagi para mahasiswa yang akan mengerjakan Tugas Akhir. Secara keseluruhan acara, antusiasme dari para mahasiswa Teknik Informatika dalam mengikuti Sosialisasi Kerja Praktek dan Tugas Akhir, patut diberi apresiasi. Terlebih aktifnya para peserta saat acara sosialisasi berlangsung. Semoga dengan adanya acara seperti ini, dapat membantu semua mahasiswa Teknik Informatika dalam menyelesaikan studinya. Dan untuk kedepannya, diharapkan adanya inovasi dan pembaharuan pada acara yang serupa.

PSM Gita Buana Soedirman Juara

Written by admin. Posted in Berita

Perlombaan 3rd Singapore International Choral Festival 2016 yang diselenggarakan di Singapore awal bulan Agustus kemarin merupakan salah satu ajang bergengsi kompetisi paduan suara antar mahasiswa. Universitas Jendral Soedirman mengirimkan perwakilannya yaitu PSM Gita Buana Soedirman untuk mengikuti kompetisi tersebut.

Di ajang tersebut PSM Gita Buana Soedirman berhasil menyabet dua medali perak dalam kategori mixed youth dan foklore. Imam Nur Cahyo merupakan satu kontingen dari PSM Gita Buana Soedirman merupakan mahasiswa Jurusan Teknik Informatika angkatan 2014 semester IV, Imam begitu sering disapa oleh rekan-rekannya, Putra kelahiran Kebumen pasangan M.Muhtar dan Sartiyem boleh berbangga, pasalnya untuk bisa mengikuti lomba ini harus mengikuti seleksi terlebih dahulu agar bisa menjadi salah satu tim penyanyi yang mewakili PSM Gita Buana Soedirman, Universtas Jenderal Soedirman. “kerja keras kita dalam berlatih sekarang membuahkan hasil” ungkap kebahagiaan imam. Sukses selalu untuk PSM Gita Buana Soedirman semoga bisa menumbuhkan bibit-bibit unggul yang bisa menorehkan tinta emas ke jenjang yang lebih tinggi nantinya setelah ini pesan Imam kepada rekan-rekan semua. Selain itu Imam juga aktif dalam kepengurusahn Himatif periode 2015 menjabat sebagai staff kreasi dan usaha. Kecintaanya terhadap paduan suara membuatnya menjadi salah satu pengurus inti PSM Gita Buana Soedirman dengan jabatan sebagai staff Soedirman.