Wisuda Periode September 2016

Written by admin. Posted in Berita

Momen wisuda merupakan salah satu yang di tunggu oleh sebagian besar mahasiswa yang telah berhasil menyelesaikan studi yang dijalaninya, bertempat di Graha Widyatama Tanggal 21 September 2016 Universitas Jendral Soedirman (Unsoed) menyelenggarakan wisuda periode pertama tahun akademik 2016/2017, sebanyak 100 wisudawan dari Fakultas Teknik siap menerima gelar baru sesuai dengan jurusannya, untuk periode wisuda kali ini Jurusan Teknik Informatika meluluskan wisudawan sebanyak 31 orang sehingga gelar baru S.Kom dibelakang nama siap di sandang oleh para wisudawan, hiforia kegembiraan nampak jelas dari raut muka para peserta wisuda maupun pendamping, seperti wisuda periode bulan Mei 2016 rata-rata IPK mahasiswa yang lulus kali ini bersekala 3 dengan predikat dengan pujian dan sangat memuaskan, hal ini diharpkan menjadi motifasi bagi mahasiswa yang lain ungkap Dadang Iskandar, ST.,M.Eng.

Dadang Iskandar, ST.,M.Eng  salah satu dosen Informatika berpesan agar para wisudawan khususnya yang berasal dari Jurusan Teknik Informatika “ini merupakan langkah awal menuju perjuangan sebenarnya, kita harus bisa membuktikan kalau kita bisa dan mampu mengikuti perkembangan jaman dengan bekal yang sudah dapat dari bangku kuliah, nama baik orang tua dan almamater harus tetap dijaga, selamat dan sukses kepada wisudawan Teknik Informatika”, tutup dadang saat ikut menyaksikan para wisudawan.

Kuliah Umum Cloud Computing

Written by admin. Posted in Berita

Cloud computing mungkin masih terdengar samar bagi sebagian orang. Tetapi keberadaan cloud computing di era digital kini sebenarnya telah terasa di tengah masyarakat dalam kehidupan sehari hari misalnya dalam penggunaan email dan juga media sosial.

Secara umum, definisi cloud computing (komputasi awan) merupakan gabungan pemanfaatan teknologi komputer dalam suatu jaringan dengan pengembangan berbasis internet yang mempunyai fungsi untuk menjalankan program atau aplikasi melalui komputer–komputer yang terkoneksi pada waktu yang sama, tetapi tak semua yang terkonekasi melalui internet menggunakan cloud computing.

 Teknologi komputer berbasis sistem Cloud ini merupakan sebuah teknologi yang menjadikan internet sebagai pusat server untuk mengelola data dan juga aplikasi pengguna. Teknologi ini mengizinkan para pengguna untuk menjalankan program tanpa instalasi dan mengizinkan pengguna untuk mengakses data pribadi mereka melalui komputer dengan akses internet.

Untuk mengembangkan pengetahuan mahasiswa Jurusan Teknik Informatika Unsoed pada hari Kamis, 15 September 2016 bertempat di ruang C102 di adakan satu kelas umum dan dikuti oleh hampir semua angkatan mahasiswa dari 2013-2015, dengan mengangkat tema cloud computing (komputer awan) yang saat ini sedang banyak diperbincangkan dalam dunia teknologi informasi, dengan mengandeng pembicara Mardhani Riasetiawan dari Fakultas MIPA UGM Jogjakarta yang merupakan salah satu ahli dibidang cloud computing. Diharapkan dengan adanya kuliah umum ini mahasiswa bisa semakin mengerti sekaligus berkembang pengetahuan maupun kemampuan berkaitan dengan jaringan komputer kedepan tentunya. Awalan kerjasama yang baik ini diharapkan banyak kolaborasi lain untuk sharing ilmu maupun berbagi teknologi informasi kedepannya terang Swahesti Rahayu, S.Kom.,MT salah satu panitia kuliah umum sekaligus dosen Jurusan Teknik Informatika Unsoed.

Teknik Informatika Tampil Di Banyumas TV

Written by admin. Posted in Berita

Pentingnya technopreneurship dewasa ini berkenaan dengan keterikatannya dengan ilmu dan teknologi, ketika suatu perusahaan  menggunakan pendekatan peningkatan kemampuan teknologi sebagai pendorong maka akan selaras dengan hasil peningkatan produksi yang dihasilkannya.

Kunci dari technopreneurship juga adalah kreativitas, dengan kreativitas yang tinggi maka mental lama yang cenderung konvensional dari wirausahawan akan berubah, kreativitas adalah bermain dengan imaginasi dan kemungkinan-kemungkinan, memimpin perubahan dengan ide-ide baru dan memberikan arti pada hubungan antara ide, orang dan lingkungan.

Jurusan Teknik Informatika Universitas Jendral Soedirman (Unsoed) yang hadir di tengah masyarakat dengan mengungsung misi “Pada tahun 2020 menjadi program studi yang unggul dalam bidang perekayasaan Aplikasi  Bisnis yang berorientasi pada Technopreneurship” siap dan tanggap menyambut perubahan-perubahan khususnya dalam bidang teknologi informasi dewasa ini.

Tanggal 02 September 2016 bertempat di Banyumas TV Purwokerto, Jurusan Teknik Informatika berkesempatan tampil untuk berbagi informasi baik yang berhubungan dengan akademik maupun hasil-hasil karya yang telah dibuat oleh dosen maupun mahasiswa. Sudah banyak software yang dibuat oleh mahasiswa dan sempat didemokan pada masyarakat luas pada saat efen-efen pameran, mulai dari D-Sign (Perangkat digital signage) interaktif karya dosen informatika dan game Unyu serta Golet (Aplikasi pencarian pedagang kaki lima) karya mahasiswa. Paparan dari Irham Akbar sebagai salah satu enterprenaur muda Banyumas hasil tempaan Jurusan Teknik Informatika yang sudah berkecimpung di bidang pembuatan maupun pengembangan software.

Di akhir sesi Bangun Wijayanto, ST.,M.Cs selaku dosen dan pendamping mahasiswa pada saat acara mengungkapkan “hasil karya baik dari mahasiswa maupun dosen sebenarnya masih ada yang lain baik dari game maupun sistem informasi” JurusanTeknik Informatika selalu terbuka kepada siapa saja yang ingin mengetahui baik informasi perkeliahan maupun hasil karya yang lain, saat ini Jurusan Teknik Informasi telah terakreditasi B” terang Bangun menutup sesi acara.