Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) 2018

Pengenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru (PKKMB), kata yang mungkin akan mengantarkan pikiran kita pada sebuah bayangan mengenai kegiatan dimana mahasiswa – mahasiwa baru “disambut” dengan berbagai cara “unik” oleh seniornya. Menjadi sebuah kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun hampir di setiap kampus seakan ada sebagai sebuah gerbang awal untuk menyambut bibit – bibit baru yang akan berjuang di kampus tersebut.

Proses pengenalan kampus yang sangat beragam tidak dilandasi sikap ilmiah dengan berbagai tujuan esensi penyiapan mental yang sangat diperlukan untuk menunjang keberhasilan mengikuti pendidikan tinggi. Akibatnya dalam praktek penerimaan mahasiswa baru telah terjadi penyimpangan “tradisi”. Antara lain berupa: pelanggaran norma kehidupan dan kekerasan fisik dengan akibat kesakitan psikis maupun fisik, bahkan sering menimbulkan adanya korban jiwa yang tidak ternilai harganya.

Humanis setidaknya itu merupakan kata yang tepat sebagai solusi yang digagas oleh panitia pelaksana yang nantinya menghapus tradisi kekerasan. Hal ini diaplikasikan dengan mambuat lebih banyak format kegiatan diskusi, debat, tukar pikiran, motivasi dan dialog antar mahasiswa, dosen maupun unsur akademika yang ada di Fakultas Teknik.

Pengenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru (PKKMB) di Fakultas Teknik 2018 hadir sebagai solusi dalam hal pembimbingan mahasiswa baru Universitas Jendral Soedirman. kegiatan yang berlangsung tanggal 31 Agustus – 1 September 2018 ini menyatukan 5 Jurusan dalam sebuah payung konservasi yang dibingkai dalam acara PKKMB memiliki tujuan untuk menyatukan semangat seluruh mahasiswa baru untuk lebih mencintai almamter tentunya.

PKKMB Fakultas Teknik tahun 2018 ini mengungsung tema mempersiapkan mahasiswa baru Unsoed menjadi mahasiswa teknik yang inovatif, peduli, jujur, cerdas, pantang menyerah. Kegiatan tahun ini dengan diikuti oleh lebih dari 353 mahasiswa S1 dari 5 Jurusan yang ada dengan rincian dari Jurusan Teknik Sipil 94 peserta, Jurusan Teknik Elektro 91 Peserta, Jurusan Teknik Geologi 59 Peserta, Jurusan Teknik Informatika 64 peserta dan Jurusan Teknik Industri 41 peserta.

Diskusi Kerlompok Mahasiswa Baru 2018

Pengenalan Lingkungan Kampus Bagi Mahasiswa Baru 2018