Semakin berkembangnya teknologi informasi dewasa ini serta pasar bebas asia yang sudah mulai hangat dibicarakan membuat beberapa institusi maupun dunia usaha menjadi lebih bergeliat, untuk mempersiapkan hal itu maka Jurusan Teknik Informatika yang dibantu oleh HIMATIF (Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika) Unsoed mempersiapkan mahasiswanya agar bisa bersaing bahkan menjadi pelaku usaha di dunia teknologi informasi, sehingga menjadi tuan rumah di negeri sendiri dalam hal penguasaan teknologi informasi dapat tercapai.

Sesuai dengan visi Jurusan Teknik Informatika Unsoed yaitu Pada tahun 2020 menjadi program studi yang unggul dalam bidang perekayasaan Aplikasi  Bisnis yang berorientasi pada Technopreneurship, tak pelak seminar yang diusung mengangkat tema “Peran Strategis Technopreneurship IT  di Era Pasar bebas” agar selaras dengan visi tersebut, seminar di jadwalkan akan berlangsung pada hari Sabtu, 5 November 2016 bertempat di gedung J3 Fakultas Hukum mulai jam 08.00 sampai dengan selesai dengan harga tiket masuk Rp. 30.000, seminar tersebut juga terbuka untuk umum.

Panitia mengharapkan dengan adanya seminar ini agar para mahasiswa maupun masyarakat umum dapat mengetahui bagaimana pengusaha-pengusaha sukses merintis usaha mereka mulai dari nol hingga dapat bertahan sampai saat ini. Untuk mendukung harapan itu, panitia mendatangtkan pembicara yang sudah tak asing lagi dalam dunia informasi, pembicara Nurul Hidayat, M.Kom merupakan Owner Solusindo Telematika, Bagus Fikri Yuliono merupakan CEO Fikiri Studio, serta seminar penelitian sebagai tambahan pengetahuan dari dosen Teknik informatika yaitu Drs. Eddy Maryanto, M.Sc membawa tema Pengkajian Karakteristik Fragmentasi Horizontal Pada Basis Data Relasional dan Sistem Penjadwalan Kuliah Otomatis Menggunakan Algoritma genetika yang dibawakan oleh mahasiswa Teknik Informatika Unsoed angkatan 2012 Dhena Ariel Utama N.