Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Mapres) adalah  ajang  rutin yang diselenggarakan setiap tahun (biasanya mulai bulan Januari sampai Agustus) oleh Direktorat  Pembelajaran dan Kemahasiswaan. Pemilihan Mapres ini dilaksanakan secara berjenjang mulai dari tingkat jurusan/departemen/bagian, tingkat Fakultas, baru kamudian tingkat Perguruan Tinggi (universitas/institut/sekolah tinggi). Kemudian 1 orang mapres terbaik tiap universitas akan masuk ke seleksi selanjutnya menuju seleksi mapres tingkat nasional.

Bertempat di gedung rektorat Universitas Jendral Soedirman pada hari selasa 3 Mei 2016 Jurusan Teknik Informatika meloloskan salah satu wakilnya untuk mewakili Fakultas Teknik dalam ajang tahunan ini. Pachadella Yolanro mahasiswi angkatan 2013 ini berhasil menjadi wakil setelah sebelumnya menyabet juara 1 tingkat Fakultas yang secara otomatis mewakili Fakultas Teknik dalam level yang lebih tinggi yaitu Universitas.

Tak mudah untuk menjadi wakil tingkat Fakultas terus bagaimana caranya untuk bisa menjadi mapres? Sepertinya berat sekali beban untuk menjadi mapres. Rasanya sudah pesimis duluan, minder dan merasa tidak mampu, tunggu dulu, berat dan pesimis  itu jika tidak mau mencobanya. Persiapkan dan pantaskan diri dulu agar bisa menjadi mapres. Banyak cara yang bisa kita lakukan. Persiapkan sejak semester pertama. peserta harus unjuk kompetensi menjadi mahasiswa terbaik. Penilaian dilakukan atas penulisan dan presentasi Karya Tulis Ilmiah, nilai akademik, kegiata ekstra kurikuler serta kemampuan berbahasa asing.

Nofiyati, S.Kom.,M.Kom selaku dosen Teknik Informatika yang juga berkesempatan mendampingi peserta perwakilan dari Fakultas Teknik menerangkan bahwa tidak mudah untuk menjadi juara Mapres tetapi tidak ada yang tidak mungkin dalam sebuah perlombaan, doa dan dukungan diharapkan terus mengalir dari semua pihak khususnya dari jurusan Teknik Informatika dan Fakultas Teknik agar Pachadella dapat mengharumkan dan menjadi yang terbaik dalam Mapres tingkat Universitas ini.