Pelatihan Produksi Video Dakwah Teknik Informatika Unsoed

 

Teknologi informasi saat ini berkembang dengan sangat pesat. Televisi sebagai media utama masyarakat untuk memperoleh informasi kini mulai tergantikan dengan media jejaring sosial di internet. Masyarakat awam pada umumnya sulit sekali membedakan antara berita yang benar atau berita palsu. Hal tersebut menimbulkan keprihatinan, banyaknya konten negatif di internet harus diimbangi dengan produksi konten konten yang bersifat positif.

Dari rasa keprihatinan terhadap banyaknya konten negatif di internet tersebut majelis tabligh Muhammadiyah Banyumas bekerja sama dengan Teknik Informatika Unsoed beserta takmir masjid fastabiqul khoirot larangan menggelar acara pelatihan produksi video dakwah  pada hari ahad 17 april 2016. Acara tersebut dihadiri kurang lebih 50 peserta dari wilayah Banyumas, Brebes hingga Banjarnegara.

Wakil Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Koordinator Bidang Tarjih dan Tabligh Ustadz Mintaraga Eman Surya, Lc. MA. menyatakan bahwa Dakwah dengan berbagai dimensinya –bil lisaan, bil kitaabah, bil haal- harus selalu memperhatikan perkembangan masyarakat dan kemajuan teknologi mutakhir, terutama yang berkaitan dengan media sosial. Dakwah bil lisan adalah salahsatu dakwah yang mudah mengena ke dalam jiwa mad’u tetapi juga paling mudah untuk hilang dalam ingatan, disamping banyaknya majlis-majlis ilmu dan aktifitas umat.  Maka mengemas dakwah bil lisan dengan memanfaatkan teknologi media sosial menjadi suatu kemestian agar supaya dakwah semakin efektif dan berkembang dalam jangkauan yang lebih luas.

Acara dibuka oleh Ustadz Amrulloh dan dilakukan penyerahan secara simbolis workshop kit berupa buku panduan praktis produksi video dakwah, CD tutorial dan blocknote oleh Sekretaris Jurusan Teknik Informatika Ipung Permadi, M.Cs.

Acara berlangsung selama kurang lebih 4 jam acara tersebut berisi mengenai pemaparan aturan dan etika dalam menyebarkan konten di internet yang dibawakan oleh Arief Kelik, M.Cs., serta pemaparan cara produksi video sederhana oleh Bangun Wijayanto, M.Cs.

Masjid Fastabiqul Khoirot terus berusaha mengadakan kegiatan kegiatan positif yang berguna bagi masyarakat hal tersebut disampaikan oleh perwakilan takmir masjid fastabiqul khoirot bapak Amat Dhorin.