Dosen Jurusan Informatika Fakultas Teknik Unsoed Pembicara Seminar Nasional Technopreneurship

[unsoed.ac.id, Sel,10/11/15] Bertempat di Auditorium Prof. Soedarto UNDIP, Minggu, 8 November 2015 Dosen Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik Unsoed, Nurul Hidayat,M.Kom menjadi Pembicara dalam Seminar Nasional Technoprenurship dengan Tema “Indonesia Mandiri, Bersama Teknologi”.  Hal ini semakin membuktikan bahwa tenaga pendidik Unsoed tidak hanya diakui kapasitasnya di lingkungan internal namun juga eksternal. Kuliah umum ini dilaksanakan diantaranya dalam rangka menyambut ASEAN Economic Community (AEC) 2015.

Dalam paparannya Nurul mengungkapkan bahwa Lembaga Inkubator Bisnis mempunyai program yang didesain untuk membina dan mempercepat keberhasilan pengembangan bisnis melalui rangkaian program permodalan yang diikuti oleh dukungan kemitraan / pembinaan elemen bisnis lainnya dengan tujuan menjadikan usaha start-up mahasiswa tersebut menjadi perusahaan yang profitable, memiliki pengelolaan organisasi dan keuangan yang benar, serta menjadi perusahaan yang sustainable, hingga akhirnya memiliki dampak positif bagi masyarakat.  “Technopreneursip yang memadukan   proses   teknologi   dan   kemampuan   berwirausaha merupakan   sumber   yang sesungguhnya untuk kekuatan ekonomi berbasis pengetahuan,” jelasnya. Technopreneurship merupakan proses sintesis dalam rekayasa untuk masa depan manusia, organisasi, negara dan bangsa.Panduan strategi dan proses pengambilan keputusan menjadi makin diminati dan kompleks.

Perkembangan   dan   penerapan   Technopreneurship   di   era   Globalisasi  saat   ini   telah   banyak membawa dampak perubahan pada area bisnis saat ini. “Jika kita lihat ke 2 -3 dekade yang lalu, maka sebut saja Taiwan, Korea  Selatan dan Singapura masih digolongkan sebagai  Negara Berkembang.   Namun   sekarang   Negara-negara   ini   telah   menjadi   Negara   maju     dengan perekonomian yang didasarkan pada Industri Teknologi,” ungkapnya. Perkembangan Korea diawali dengan industri tradisional kemudian diikuti oleh industri semikonduktor. Sedangkan Singapura memiliki kontrak di bidang elektronik dengan perusahaan-perusahaan barat kemudian diikuti juga oleh manufaktur semikonduktor. Taiwan terkenal dengan industri asesoris Komputer Pribadi (PC). Menurut Nurul rahasia lain yang membuat perkembangan negara-negara ini melejit adalah adanya inovasi. “Jadi Sistem Inovasi akan terwujud jika kita semua menyadari bahwa untuk mendorong hasil R&D yang dilakukan oleh perguruan tinggi benar-benar dapat diadopsi oleh industri dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” jelasnya.  Hal ini membutuhkan komitmen dan dukungan dari semua aktor inovasi dan masyarakat itu sendiri. “Teknologi akan memberikan manfaat bagi peningkatan kesejahteraan dan memajukan peradaban, apabila dibangun dalam suatu sistem yang harmonis diantara unsur tersebut,” jelasnya.

Di akhir pemaparan Nurul mengatakan tepat sejak jika usaha di mulai saat duduk di bangku kuliah Perguruan Tinggi, tentunya dimulai dengan passion (usaha yang sesuai dengan hati nurani), selanjutnya action (segera memulai usaha), jangan Malu dan terus jangan lupa libatkan Tuhan YME.